Setiap Tujuh Tahun Sekali, Danau Ini Mengalami Fanomena Aneh yang Mengubah Warna Airnya

Terletak di daerah gurun terpencil yang dihuni Suku Paiute, Danau Pyramid terkenal dengan peristiwa alam "whiting" yang terjadi setiap kurang lebih satu dekade. Sekitar 7 hingga 10 tahun sekali danau yang berlokasi di Nevada ini ditumbuhi ganggang air berlebih, sehingga warnanya berubah dari biru tua menjadi tosca cerah. Fenomena alam inilah dikenal sebagai “whiting”

Selama beberapa minggu, air berubah menjadi biru muda, biru kehijauan, hingga pernah menjadi putih, namun cukup jarang. Endapan kalsium karbonat ini pernah didokumentasikan, tetapi tidak terlalu dipahami. Semua ilmuwan tahu faktor penyebabnya termasuk suhu air yang tinggi, pertumbuhan ganggang dan peningkatan konsentrasi kalsium.

Menariknya, fenomena ini tidak berbahaya bagi kehidupan makluk air di dalamnya. Namun, hal tersebut tidak berlaku untuk kehidupan manusia. Menurut postingan , "sampel air yang yang diambil pada 22 Juli 2020 menunjukkan tingkat sianotoksin yang dapat menyebabkan kerusakan."

"Paparan warna biru kehijauan yang cerah dapat menyebabkan gejala penyakit, di antaranya ruam kulit, iritasi mata, diare dan muntah." Untungnya saat ini Danau Pyramid masih ditutup untuk wisatawan akibat pandemi Covid 19. Para ahli mengatakan hewan juga dapat menderita kejang atau bahkan mati jika terkena ganggang beracun di dalam air.

Jadi jangan membawa hewan peliharaan mendekati Danau Pyramid selama periode whiting. Citra satelit menunjukkan perubahan warna dimulai di sudut kecil danau dan secara bertahap meluas, mengubah air menjadi biru kehijauan. Sekarang warna itu menutupi seluruh permukaan air, dan para ahli tidak tahu berapa lama itu akan bertahan.

Foto foto air Danau Pyramid dengan warna yang tidak biasa pun viral di medsos. Banyak orang membandingkan Danau Pyramid dengan tempat wisata tropis seperti Maladewa. Meskipun danau terlihat sangat indah, penting untuk diingat air tosca itu beracun.

Related Posts