Selain Absennya Marc Marquez, Kunci Kemenangan Fabio Quartararo di MotoGP Andalusia 2020 Terbongkar

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo mampu tampil gemilang dalam dua seri pembuka pada perhelatan MotoGP 2020. Pembalap asal Perancis tersebut mampu merajai dua seri pembuka MotoGP Spanyol dan Andalusia 2020 yang sama sama digelar di Sirkuit Jerez, Spanyol. Khusus kemenangan di seri MotoGP Andalusia 2020, ternyata ada satu rahasia dimana Quartararo bisa melaju tanpa halangan untuk menjadi juara.

Selain kehadiran Marc Marquez yang menjadi pesaing beratnya, ada peran lain yang akhirnya membuat Quartararo mampu mendominasi tanpa cela di MotoGP Andalusia 2020 akhir pekan lalu. Kunci kemenangan Quartararo yakni terletak pada hal teknis ban yang ia pakai. Dengan bantuan teknis ini ban Michellin miliknya bisa bertahan di situasi panas ekstrem yang membuatnya tidak mudah aus.

Menurut Autosport, Michellin mengirimkan email ke semua tim untuk mengaplikasikan scrub ke ban belakang lunak yang digunakan oleh para pembalap di sesi pemanasan pada hari Minggu. Scrub yang diaplikasikan dan dibiarkan dingin sebelum dimasukan ke dalam sarung ban akan memicu reaksi kimia. Dengan ini ban lebih tahan panas bahkan hingga 10 derajat lebih dingin plus meningkatkan daya tahan karet di cuaca ekstrem.

Dengan suhu lintasan yang mencapai 60 derajat celcius, Quartararo bisa melaju tanpa kesulitan dan hal ini terlihat dari catatan waktunya yang baik di lap lap awal. Belakangan diketahui bahwa hanya pembalap Yamaha plus Suzuki saja yang melakukan ini. Juru bicara Michellin angkat suara mengenai hal tersebut di mana sebenarnya perusahaan ban hanya merekomendasikan dan pilihan untuk mengaplikasikan tergantung pada masing masing tim.

"Kami selalu membuats rekomendasi dari waktu ke waktu dan pilihan kembali lagi pada mereka," tutur seorang juru bicara Michellin. "Kamu hanya menggunakannya tiga putaran dan biarkan ban dingin. Begitu dingin, tutup sampai tiba balapan. Dengan ini senyawa lebih tahan panas dan suhu bisa berkurang hingga 10 derajat," ucapnya. Dengan begini, trio Yamaha yang naik podium yaitu Quartararo, Vinales, dan Rossi melakukan apa yang direkomendasikan Michellin.

Quartararo sendiri mengatakan jika dalam setiap balapan dia selalu menggunakan ban baru namun di Andalusia adalah pengecualian.

Related Posts