PT KAI dan Bank Mandiri Luncurkan Kartu Naik KRL, Commuterpay

PT Kereta Api Indonesia (KAI) bekerja sama dengan Bank Mandiri, menerbitkan kartu Commuterpay yang dapat mempermudah penumpang Kereta Rel Listrik (KRL) melakukan perjalanan. Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo menyebutkan, kerja sama ini merupakan salat satu implementasi budaya bagi setiap Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk memberikan nilai tambah dan kemudahan bagi masyarakat. "Dengan Commuterpay, penumpang KRL akan lebih mudah untuk melakukan perjalanan dan tidak perlu mengantre isi ulang atau membeli tiket harian berjaminan di stasiun," kata Didiek dalam keterangannya, Selasa (18/8/2020).

Didiek menyebutkan, masyarakat yang ingin mendapatkan kartu Commuterpay dapat melakukan pembelian di loket stasiun KRL pada awal Oktober 2020. "Kerja sama ini juga dapat menciptakan value creation, untuk memenuhi harapan stakeholder dalam rangka peningkatan pelayanan khususnya untuk penumpang KRL," ujar Didiek. Ia juga meengungkapkan, pada Juli 2020 penumpang KRL yang menggunakan uang elektronik perbankan dan kartu multi trip (KMT) mencapai 75 persen.

"Persentase ini meningkat jika dibandigkan dengan Juli 2019 yang hanya 69 persen dari keseluruhan penumpang KRL yang melakukan perjalan," kata Didiek. Sementara itu menurut Direktur Utama Bank Mandiri, Royke Tumilaar menyebutkan, melalui kerjasama ini pengguna KRL maupun transportasi publik lainnya hanya perlu memiliki 1 kartu saja untuk melakukan transaksi pembayaran. "inisiatif ini dapat lebih memudahkan masyarakat dalam menggunakan transportasi publik karena hanya memerlukan 1 kartu saja," kata Royke.

Kartu Commuter Pay ini sendiri, menggunakan platform Mandiri e money ini juga dapat digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan pemegang kartu. "Kartu ini dapat digunakan untuk pembayaran tol, parkir, MRT, LRT, Transjakarta, Transjogja, Batik Solo Trans, Pembayaran di SPBU, wahana liburan, restoran maupun belanja di toko retail seperti Indomaret, Alfamart dan lainnya," ucap Royke.

Related Posts