Cicilan ringan Mitsubishi Xpander

Perlu Mengganti Ban Mobil Sendiri? Begini Tahapannya

Apakah Anda sering berkendara dengan mobil seorang diri? Jika iya, keterampilan Anda tak hanya boleh soal mengendarai saja. Sebab, Anda juga perlu mempersiapkan diri terhadap kemungkinan insiden ketika Anda berkendara sendiri. Contohnya adalah ban kempes karena tertusuk paku, sementara tempat penambalan ban tak terlihat di sekitar. Bila sudah begini, Anda harus bisa turun tangan untuk mengganti ban yang baru saja Anda dapatkan dengan cicilan ringan Mitsubishi Xpander itu.

Nah, apakah Anda sudah tahu bagaimana cara menggunakan dongkrak untuk mengganti ban mobil? Kalau belum, yuk simak langkah-langkah mudahnya!

  1. Siapkan alat

Siapkanlah alat  untuk mengganti ban mobil. Alat-alat tersebut meliputi dongkrak, kunci roda, ban serep, serta segitiga peringatan (triangular warning display). Sebelum Anda turun mengganti ban, posisikan segitiga peringatan terlebih dahulu di bagian depan dan belakang mobil. Jangan lupa juga untuk menyalakan lampu hazard.

  1. Kendurkan baut ban

Selanjutnya Anda bisa mengendurkan baut ban. Untuk melakukan ini, Anda dapat membuka penutup lubang baut–jika memang ada—terlebih dahulu. Cungkil penutup lubang baut dengan obeng lalu putar baut berlawanan arah jarum jam. Ulangi tahapan ini pada 3 ban mobil Anda yang lain. Sebagai catatan, baut ban hanya cukup dikendurkan saja, tidak perlu dilepas total.

  1. Pasang dongkrak pada mobil

Setelah baut ban kendur, pasang dongkrak di dekat ban yang ingin diganti. Pastikan untuk meletakkan dongkrak pada struktur yang kokoh agar dongkrak tidak miring. Letak pemasangan dongkrak terbaik adalah pada titik dongkrak yang ditandai dengan cekungan di dekat roda.

  1. Buka baut ban

Ketika dongkrak terposisikan sempurna, segera putar engkolnya untuk mengangkat ban yang akan Anda ganti. Setelah itu, Anda dapat mulai membuka baut ban hingga terlepas seluruhnya. Simpan baut-baut kecil tersebut agar tidak hilang dari pandangan Anda. Kemudian, copot ban dari tempatnya.

 

  1. Pasang ban cadangan

Ambil ban cadangan dan pasangkan pada posisi yang tepat. Tips: Anda bisa memasukkan ban sambil sedikit menggoyang-goyangkannya. Cara ini akan memudahkan Anda mendapatkan posisi ban yang tepat. Dengan cara ini, tenaga yang Anda keluarkan untuk mengganti ban juga relatif tidak begitu besar. Jika sudah terpasang dengan tepat, maka yang perlu Anda lakukan adalah memasang baut ban dengan mantap lalu menurunkan dongkrak dan mengencangkan baut juga tutup baut ban.

Nah, itu dia beberapa langkah yang perlu dilakukan bila Anda terpaksa harus mengganti ban mobil Anda sendiri dalam keadaan darurat. Semoga bermanfaat!

 

Related Posts