Vitamin Daya Tahan Tubuh Untuk Anak

Penyebab Demam pada Anak dan Cara Mencegahnya

Anak-anak memang rentan diserang penyakit karena daya tahan tubuhnya yang masih lemah. Itulah sebabnya penting memberikan vitamin daya tahan tubuh untuk anak karena dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuhnya dan mencegah anak supaya tidak mudah diserang penyakit, seperti demam, misalnya.

Melansir dari Halodoc, kebanyakan demam pada anak biasanya disebabkan karena infeksi. Namun, ada juga penyebab lain yang membuat anak mudah diserang penyakit musiman ini, di antaranya:

  1. Perubahan suhu yang ekstrem

Perubahan suhu yang terlalu ekstrem, misalnya di siang hari sangat panas dan sorenya langsung hujan, ternyata dapat meningkatkan risiko anak diserang demam. Ini terjadi karena virus tersebut sangat mudah berkembang biak pada cuaca yang ekstrem sehingga membuat anak lebih rentan terhadap serangan penyakit. Di samping itu, perubahan cuaca yang tiba-tiba seperti itu juga dapat mengganggu sistem imun tubuh anak dalam melawan virus sehingga membuatnya mudah demam.

  1. Gigitan nyamuk

Beberapa jenis nyamuk membawa virus dari gigitannya. Oleh karena itu, Bunda harus sangat berhati-hati jika anak digigit nyamuk karena gigitannya dapat menyebabkan anak demam. Bahkan, beberapa demam yang disebabkan oleh nyamuk seperti demam berdarah dan chikungunya bisa sangat berbahaya untuk tubuh anak. So, jangan sampai abai jika anak digigit nyamuk, ya, Bunda!

  1. Alergi

Penyebab lainnya yang membuat anak lebih mudah diserang demam adalah karena alergi. Ini biasanya terjadi ketika sistem imun tubuh anak bereaksi berlebihan terhadap alergen sehingga mengakibatkannya diserang bersin-bersin dan demam. Umumnya, alergi ini berasal dari makanan, suhu, aroma, dan lain sebagainya.

Cara Mencegah Demam pada Anak

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah demam pada anak, di antaranya:

  • Memberinya makanan yang bergizi seimbang.
  • Mencukupi kebutuhan vitaminnya.
  • Berikan asupan cairan untuk mencegah dehidrasi.
  • Biarkan anak beristirahat, berbaring, dan mengurangi jam bermainnya.
  • Hindari anak dari jangkauan kipas angin.
  • Jika anak demam, beri obat penurun panas dan kompres.

Demikian ulasan singkat mengenai penyebab dan cara mencegah demam pada anak. Kenali gejalanya agar tidak salah memberikan penanganan yang tepat untuk si kecil, ya, Bunda!

 

 

Related Posts