pengertian riba

Macam-Macam Riba dalam Islam

Riba memiliki banyak jenisnya. Riba juga menjadi salah tau hal yang dilakukan oleh masyarakat jahiliyah. Allah telah menegaskan dan melarang umatnya untuk melakukan transaksi satu ini. Anda harus memahami macam-macam riba ini untuk dapat lebih mudah menghindarinya.

Beberapa Macam Riba Menurut Islam

Terdapat beberapa macam riba menurut pengertian riba itu sendiri. Tentunya juga patut untuk Anda pahami satu per satu. Supaya lebih mudah memahami dan mengerti perbedaannya. Sekaligus juga menghindari melakukan transaksi haram satu ini.

Berikut adalah penjelasan singkat mengenai hal tersebut:

  1. Riba Fadhl

Riba Fadhl yakni salah satu jenis riba yang memiliki ciri pertukaran antara barang sejenis dengan timbangan yang berbeda. Barang yang ditukarkan dalam transaksi ini juga termasuk dalam barang riba. Jadi, tidak akan ada pembedanya.

Misalkan Anda berhutang beras dengan berat 2 kg kepada saudara atau tetangga. Namun, saat dikembalikan, Anda diwajibkan oleh si tetangga atau saudara untuk mengembalikan dengan berat 3 kg. Artinya ada penambahan timbangan dalam barang ini. Syarat riba ini adalah barang yang ditukar harus sama jenisnya.

  1. Riba Nasi’ah

Berikutnya adalah riba nasi’ah yang memiliki penangguhan, penyerahan atau penerimaan arang riba dengan jenis barang lain. Riba jenis ini sedikit perbeda dengan jenis riba yang pertama, Artinya ada perbedaan signifikan didalamya.

Contohnya yakni misalkan Anda meminjamkan dana sebesar satu juta rupiah kepada teman, Jangka waktu pelunasannya yakni salama 1 tahun. Kemudian saat telah memasuki masa pembayaran, si peminjam harus membayar cicilan dengan tambahan sebanyak seratus ribu rupiah.

  1. Riba Al Yad

Riba al Yad ini riba dalam jual beli atau dalam hal penukaran. Jadi, ketika Anda menukatkan, terdapat kelebihan. Kemudian salah satu pihak dari transaksi jual beli sudah meninggalkan akad sebelum adanya penyerahan barang dan juga harga barang tersebut.

Dengan begitu, hal tersebut juga masuk dalam kategori riba, Setiap riba memiliki kadar dan penjelasannya masing-masing. Setiap musim muslimah wajib untuk memahaminya, Supaya tidak mudah terjerumus dalam bahaya satu ini.

Itulah beberapa penjelasan singkat mengenai macam-macam jenis riba ini. Anda harus dapat mengetahui apa-apa saja jenis riba itu, Supaya dapat membedakannya dan membuatnya mudah dalam menghindari adanya transaksi riba lagi.

 

Related Posts