Kiat Mengembalikan Semangat Kerja Setelah Liburan Idulfitri di Masa Pandemi

Seperti tahun sebelumnya, mudik kembali menjadi aktivitas yang tidak dianjurkan untuk dilakukan pada liburan Idulfitri 2021. Sebagian besar karyawan yang biasanya pulang kampung, mau tak mau harus menunda kunjungan atau mencari waktu lain. Bahkan perjalanan yang diproteksi asuransi kecelakaan karyawan pun tak bisa dilakukan karena adanya pembatasan di sejumlah wilayah untuk mengurangi lonjakan kasus Covid-19.

Namun, bukan berarti hal ini jadi alasan Anda buat bermalas-malasan. Agar Anda kembali semangat bekerja setelah cuti bersama berakhir, silakan coba rangkaian tips berikut ini!

  • Merancang mimpi SMART

Disitat dari DetikHealth, psikolog Veronica Adesla mengungkapkan, membangun mimpi Spesific Measurable Attainable Relevant Time (SMART) membantu Anda untuk memotivasi diri untuk bekerja setelah liburan. SMART merupakan konsep mimpi yang dapat Anda wujudkan dalam jangka waktu tertentu alias bukan sekadar angan-angan. Jenis mimpi pun hanya bisa dicapai kalau Anda punya uang yang mana bisa diperoleh kalau Anda tetap bekerja.

  • Menata dan mendekor meja kerja

Meja tempat Anda bekerja, baik saat WFH atau WFO, sangat mempengaruhi produktivitas kerja. Jika dibiarkan berantakan atau kotor, Anda pasti tak mau bekerja di meja tersebut, bukan? Jadi, tak ada salahnya mengubah penampilan meja dengan menata ulang barang-barang yang Anda pakai di sana. Berikan dekor yang bisa membangkitkan semangat kerja Anda, misalnya memasang bingkai berisi kutipan-kutipan yang inspiratif.

  • Jaga komunikasi dengan tim

Walau sedang tak bisa bertatap muka langsung, menjaga komunikasi dengan tim tetap harus Anda lakukan. Apalagi kalau sebelum cuti Idulfitri ada beberapa pekerjaan yang terpaksa ditunda. Menjelang masuk kerja, kontak tim Anda untuk memastikan pekerjaan apa yang sebaiknya dikerjakan terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda bisa langsung mengerjakan tugas yang sudah didiskusikan supaya bisa selesai sebelum tenggat.

  • Berkumpul bersama teman-teman

Di era New Normal, kesempatan bertemu tatap muka memang sudah longgar walau Anda masih diwajibkan mematuhi protokol kesehatan. Maka, tak ada salahnya memanfaatkan cuti Idulfitri untuk bertemu sambil makan atau hangout di tempat favorit. Namun, pastikan Anda tak menciptakan kerumunan dan membawa perlengkapan kesehatan seperti hand sanitizer dan masker untuk menjaga kenyamanan orang-orang sekitar.

  • Luangkan waktu untuk me time

Veronica mengungkapkan relaksasi seperti pijat tubuh sehari sebelum masuk kerja akan membantu Anda memulihkan kondisi tubuh. Jadi saat bekerja keesokan harinya, Anda tak akan mudah stres atau pegal-pegal. Kalau Anda belum bisa melakukan kunjungan ke spa atau tempat pijat, perawatan tubuh masih bisa dilakukan di rumah. Misalnya, dengan memakai masker berbahan alami, berendam di bathtub, luluran, dan tidur yang cukup.

Semoga informasi membantu Anda buat mengisi waktu cuti Idulfitri di masa pandemi sebelum kembali bertemu dengan kesibukan dan tumpukan pekerjaan, ya!

 

 

Related Posts