Kiat Memilih Asuransi Jiwa Untuk Pemula

Semua orang tentu saja menginginkan punya tubuh yang sehat untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Tak ayal, menjaga pola makan, melakukan olahraga dengan rutin, sampai mengatur waktu istirahat yang cukup dilakukan oleh banyak orang. Di samping itu, cukup banyak juga masyarakat yang membekali dirinya dengan perlindungan jiwa dari Insurance company in Indonesia sebagai tindakan preventif. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda juga demikian? Atau Anda sedang kebingungan harus memilih produk asuransi jiwa yang mana?

Tenang, Anda bisa menemukan bagaimana cara memilih asuransi yang tepat untuk pemula. Simak ulasannya di bawah ini, ya. 

  • Perhatikan track record perusahaan asuransi

Langkah utama untuk menentukan asuransi jiwa yang tepat adalah memperhatikan track record perusahaan asuransi. Dalam hal ini, Anda bisa melihat bagaimana kondisi keuangan dan status hukum perusahaan tersebut. Apakah finansialnya stabil, legalnya bisa dipercaya, dan sudah terdaftar di OJK atau belum. Selain itu, Anda bisa juga mencari informasi mengenai kredibilitas perusahaan tersebut dari sumber-sumber terpercaya, seperti situs berita yang kredibel. 

  • Pilih produk asuransi jiwa sesuai kebutuhan dan keuangan

Secara umum, produk asuransi jiwa tersedia dalam 4 opsi: berjangka (term life insurance), seumur hidup (whole life insurance), dwiguna (endowment insurance), serta unit link. Masing-masing jenis produk ini tentu punya keunggulan dan kekurangan masing-masing. Nah, pilihlah produk yang paling sesuai dengan kebutuhan dan keuangan Anda. Sebagai contoh, jika Anda memilih asuransi jiwa berjangka, perlindungan yang akan Anda dapatkan hanya 10, 20, atau 30 tahun. Namun, kewajiban Anda untuk membayar premi lebih murah. Sebaliknya, kalau Anda memilih produk seumur hidup, tentu perlindungan yang akan Anda peroleh sampai usia maksimal 99 atau 100 tahun. Dengan catatan, pembayaran premi Anda akan lebih mahal.

  • Segera lakukan pembelian asuransi 

Bagi Anda yang masih muda, ada baiknya segera melakukan pembelian asuransi sejak dini. Sebab, semakin tua usia Anda berarti semakin tinggi kemungkinan kondisi kesehatan Anda menurun. Alhasil, nominal premi yang harus Anda bayarkan bisa jadi lebih besar. Oleh karena itu, sebaiknya Anda segera membeli produk asuransi jiwa yang sudah Anda pilih setelah mempertimbangkan dengan matang.

Itu dia kiat-kiat memilih asuransi jiwa untuk pemula. Selain melindungi diri dan keluarga Anda, memiliki produk pertanggungan ini juga dapat membantu Anda meminimalkan risiko kerugian, menjadi alat pengalihan risiko keuangan, dan tentu saja memberikan jaminan keamanan untuk masa depan. Semoga bermanfaat! 

 

Related Posts