Jasa Ekspor

Kendala Melakukan Kegiatan Jasa Ekspor Barang

Bagi beberapa orang awam, melakukan ekspor barang sampai ke luar negeri adalah suatu hal yang sulit dilakukan. Padahal sebenarnya tidak begitu sulit,dalam melakukan kegiatan ekspor semua aspek harus diperhatikan dengan baik, termasuk persiapan kelengkapan dokumen, surat-surat, bahkan jasa ekspor.

3 Kendala yang Sering Ditemukan Jasa Ekspor

Walaupun sudah disiapkan sedemikian rupa, pastinya tetap akan ada saja halangan di lapangan. Dimana Anda akan menemukan banyak rintangan tak terduga, baik dari iklim, cuaca, keadaan barang, dan lain-lainnya. Agar tidak terlalu kaget, berikut ini merupakan berbagai macam contoh kendala di lapangan.

  1. Produk Indonesia Masih Kalah Dalam Daya Saing

Selama lebih 40 tahun terakhir ini, Indonesia selalu mengandalkan komoditas ke luar negeri dibandingkan memilih aspek manufacturing atau produk jadi. Bisa dikatakan ekspor Indonesia kebanyakan masih ditopang nature intensive product. Barang mentah harga jual memang sudah tinggi.

Padahal jika diolah menjadi produk jadi harga jualnya akan tinggi. Faktor lainnya adalah Indonesia masih belum sepenuhnya terbuka dengan investasi asing. Ini kalah jauh dengan negara-negara ASEAN lainnya yang sudah siap menerima kolaborasi sempurna untuk peningkatan kemajuan masing-masing .

  1. Adanya Surplus Perdagangan

Indonesia memang sudah maju dari segi ilmu pengetahuan maupun teknologi, namun sayangnya penyebarannya belum merata. Masih banyak sekali daerah-daerah pedalaman jauh ke dalam hutan tidak tersentuh oleh modernisasi. Mengakibatkan daya beli manufacturing juga masih rendah.

Jasa ekspor tidak bisa memenuhi permintaan akan kebutuhan manufacturing yang melimpah tersebut. hingga terjadilah surplus. Intinya Indonesia belum mampu memenuhi peningkatan sumber daya manusianya sehingga tidak bisa pula memuaskan kebutuhan pasar global akan produk manufacturing.

  1. Pemilihan Market yang Salah

Kemudian Anda juga bisa menengok kembali tentang cara marketing yang benar sebelum memilih klien dari negara lain. Karena ini bisa sangat mempengaruhi keberlangsungan bisnis Anda di masa mendatang. Pastikan sudah riset terlebih dahulu terkait kebutuhan barang dan berbagai pesaing.

Dengan begitu Anda bisa menentukan pasar yang tepat untuk pergerakan bisnis Anda. Jangan sampai hanya karena terburu-buru saja tidak mengindahkan berbagai aspek seperti kebutuhan pasarnya. Hingga berujung tidak diberikan lagi kepercayaan terkait kerjasama di bidang tersebut.

  1. Birokrasi Masih Berbelit-belit

Salah satu kelemahan pemerintah Indonesia dalam jasa ekspor adalah masih panjang dan ribetnya urusan surat menyurat di birokrasinya. Hal ini tentu bisa menjadi penghalang besar jika tidak diperhatikan secara serius. Karena klien cenderung akan pergi jika proses keluar barang terlalu lama.

Oleh sebab itu perlu adanya keterbukaan dan pemangkasan proses birokrasi yang terlalu panjang tersebut agar para pelaku bisnis ekspor bisa menggunakan kesempatan yang ada semaksimal mungkin demi kepentingan negara juga.

Sebagai generasi muda tentunya Anda tidak bisa menutup mata terkait hal ini, karena ke depan ekspor akan menjadi salah satu pahlawan saat negara Indonesia terkena masalah ekonomi skala global.

 

Related Posts