Kementerian PPPA: Ibu Menyusui Harus Mendapatkan Edukasi soal Covid-19

Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA), Lenny N Rosalin mengingatkan pentingnya edukasi bagi ibu hamil dan menyusui dan kaitannya dengan virus corona atau Covid 19. Edukasi bagi ibu, menurut Lenny, sangat dibutuhkan untuk mencegah penyebaran virus corona kepada anak anak. "Kita juga harus memastikan hak anak selama masa pandemi harus tetap terpenuhi,"ujar Lenny melalui keterangan tertulis, Jumat (12/6/2020).

"Orangtua merupakan kunci pencegahan Covid 19 bagi anak anak mereka," kataLenny. Dia menilai orangtua harus mengetahui cara melindungi anaknya ketika berada di fasilitas publik. Termasuk saat membawa anak ke fasilitas kesehatan.

Menurutnya, orangtua, terutama ibu memiliki peran yang sangat sentral dalam melindungi anak dalam mencegah penularan virus corona. "Para orangtua harus mendapatkan edukasi yang tepat karena mereka yang berperan dalam melindungi anak anak mereka dari Covid 19," kata Lenny. "Termasuk ketika membawa anak anaknya menuju fasilitas pelayanan kesehatan, sehingga fasilitas ini tidak menjadi episentrum baru bagi penularan Covid 19," ucap Lenny.

Selain edukasi terhadap orangtua, Kementerian PPPA juga memberikan edukasi kepada anak anak cara melindungi saudaranya dari Covid 19. "Kami juga mengedukasi anak anak melalui Forum Anak yang memiliki adik atau saudara yang masih bayi untuk selalu mengingatkan orangtua mereka agar selalu menjaga kebersihan dan kesehatan," tutur Lenny. Seperti diketahui, berdasarkan informasi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan United Nations Children's Fund (UNICEF) hingga saat ini Covid 19 belum terdeteksi pada ASI dari ibu yang terdiagnosa Covid 19.

Related Posts