3 Dampak Negatif Penggunaan Gadget pada Anak

Seiring dengan perkembangnya zaman saat ini, semakin membuat seseorang tidak bisa lepas dari penggunaan gadget. Gadget yang berupa smartphone ini merupakan salah satu barang elektronik yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak hanya orang dewasa atau orang tua saja, namun anak-anak pun juga gemar bermain smartphone. Hal ini juga disebabkan oleh adanya teknologi yang berkembang semakin pesat.

Sehingga beragam smartphone yang diluncurkan juga semakin canggih. Namun perlu anda ketahui bahwa terdapat dampak negatif jika gadget ini tidak digunakan dengan baik, terutama bagi anak. Berikut ini adalah beberapa dampak negatif penggunaan gadget pada anak, antara lain yakni :

Dampak Negatif Apa Saja yang Dialami dari Penggunaan Gadget pada Anak ?

 

  1. Mengganggu Pertumbuhan Otak pada Anak

Salah satu dampak negatif yang terjadi pada anak akibat dari penggunaan gadget yaitu mengganggu pertumbuhan otak. Anak yang terlalu sering atau berlebihan menggunakan smartphone rentan mengalami hal-hal buruk, seperti membuat si anak kurang mandiri, terjadinya keterlambatan kognitif, dan lain sebagainya.

Ini adalah dampak buruk yang akan dialami oleh seorang anak, jika anda sebagai seorang ibu membiarkan si anak terlalu berlebihan menggunakan gadget. Oleh sebab itu, untuk mengatasinya, maka sebaiknya anda harus mengatur si anak agar tidak selalu ketergantungan pada gadget.

  1. Anak Susah Tidur

Anak yang susah tidur biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya yakni katergantungan pada smartphone. Hal ini merupakan salah satu dampak negatif yang akan terjadi pada seorang anak ketika anda sebagai orang tua terlalu memanjakan si anak dalam menggunakan Hp.

Sementara kondisi seperti ini jika terus-menerus dibiarkan. Maka hal tersebut hanya berpengaruh pada kesehatan anak, dimana anak akan menjadi mudah lelah, lupa makan, dan tidak cukup tidur.

  1. Imunitas Anak Dapat Terganggu

Dampak buruk selanjutnya yang akan dialami yakni dapat mengganggu imunitas pada anak. Hal ini telah dijelaskan dalam sebuah penelitian bahwa Smartphone telah menjadi tempat berkembang biak bakteri. Yang mana jika hp ini sering digunakan kemungkinan besar akan mengganggu imunitas anak, sehingga anak akan mudah sakit.

Kunjungi juga artikel lainnya tentang teknologi di MAH Tekno. Semoga bermanfaat.

 

Related Posts